Tuesday, June 21, 2016

Tari Samba Dari Negara Brazil Yang Unik

Tari Samba Dari Negara Brazil Yang Unik
 
http://davabudaya.blogspot.co.id/

     Tari Samba adalah salah satu tarian yang ternyata berasal dari Afrika yang kemudian dibawa ke negara Brazil oleh para budak Afrika. dan di negara Brazil tari Samba menjadi berkembang dan terus berkembang hingga menjadi tradisi masyarakat brazil
      Dari tahun 1935 tarian Samba selalu menjadi pusat perhatian masyarakat brazil seperti pada karnaval Brazil “Carnaval Rio de Janeiro. Karnaval ini dapat dikatakan sebagai karnaval terbesar di dunia yang hanya diadakan satu tahun sekali.  Acara karnaval ini mengikutsertakan kurang lebih dari dua juta orang bahkan bisa ribuan juta orang yang menyaksikan. Lewat karnaval ini, Brazil seakan ingin menunjukkan pada dunia keindahan tarian Samba yang dimilikinya. Tarian Samba di bagi dalam berbagai tarian, musik, dan kostum. Para peserta melakukan parade menari sepanjang jalan atau juga dapat di sebut samba drome (tempat pertunjukan samba). Setidaknya ada beratus-ratus remaja yang ikut menari tarian samba di Rio ini
      Meskipun tari Samba berasal dari Afrika tapi tarian ini lebih diketahui sebagai simbol dari negara Brazil dan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Brazil. kemudian yang selanjutnya yaitu tarian Samba de Roda (tari lingkaran) dari Bahia, yang menjadi warisan dunia oleh UNESCO bidang kemanusiaan, adalah akar utama dari carioca samba, samba yang dimainkan dan ditarikan di Rio de Janeiro brazil.
      pada zaman dahulu, samba dimainkan dengan senar (cavaquinho dan berbagai jenis gitar) dan berbagai instrumen perkusi seperti tamborin. Dengan pengaruh orchestra  Amerika sejak Perang Dunia Kedua dan dampak budaya musik Amerika Serikat pasca perang, mulai digunakan juga  instrumen  tiup  seperti trombone, terompet, choro, flute, dan klarinet dan lain-lain yang menjadikan tarian ini lebih berfariasi dan semakin lama menjadi tarian yang membuming di negara selain brazil.
     tarian ini  diiringi musik yang dapat membangkitkan semangat, kegiatan membakar kalori tidak lagi membosankan dan berat. Hampir semua lagu bertempo 2/2, 4/4 dan 6/8 bisa dijadikan latar untuk latihan tari Samba. Selain bisa membakar kalori, tari Samba juga menghilangkan stres akibat bekerja ataupun aktivitas-aktivitas lainnya.




lihat juga: berita olahraga di dunia http://avaschampion.blogspot.co.id/
                   aneh-anehnya dunia http://avasdunia.blogspot.co.id/
                   koleksi film terbaik http://avasfilm.blogspot.co.id/
                   analisis penjelasan kimia http://avaskimia.blogspot.co.id/
                   koleksi budaya dunia http://avasbudaya.blogspot.co.id/

0 comments:

Post a Comment