Thursday, August 4, 2016

Budaya dari Negara Hunggaria tang mengejutkan dunia

Budaya dari Negara Hunggaria

  

1. Minuman Hongaria lainnya adalah Palinka, yaitu minuman keras dari ekstrak buah dari Great Hungarian Plain dengan pilihan rasa aprikot, ceri, dan plum. Bir lainnya adalah Borsodi, Soproni, Arany Aszok, Kobanyai dan Dreher.
semestafakta-palinka
2. Ada empat wilayah utama anggur bersama danaunya. Yaitu Balton-felvidek, Balaton fured-Csopak, Balatonboglar, dan Badascony. Tempat-tempat tersebut memproduksi variasi yang sama dari Pinot Grigio dan Chardonnay.
semestafakta-Chardonnay semestafakta-Pinot Grigio
3. Bahasa Hongaria dikenal dengan nama bahasa Magyar dan merupakan keturunan langsung dari bahasa yang digunakan oleh bangsa Huns. Bahasa Magyar bukanlah bahasa Indo-Eropa dan masih ada hubungannya hanya dengan bahasa di Eropa, yaitu bahasa Finlandia dan Estonia.
4. Sekitar dua pertiga orang Hongaria beragama Katolik Roma dan seperempatnya memeluk Calvinis. sisanya adalah beragama Lutheran, Yahudi, dan Orthodok Yunani.
5. Hongaria di bawah kekuasaan Komunis selama Perang Dunia II. Komunisme di Hongaria berakhir pada tahun 1989 dan kemudian menjadi republik parlementer. Hongaria bergabung dengan NATO pada tahun 1999 dan kemudian menjadi Uni Eropa lima tahun kemudian.
6. Puncak tertinggi di Hongaria adalah Kekes yang mencapai ketinggian 1,014 m di gunung Matra.
semestafakta-matra mountain
7. Hari libur nasional Hongaria adalah 20 Agustus, untuk memperingati kematian Raja Stephern. Selama rezim sosialis, 20 Agustus dinamai Hari Konstitusi dan Hari Roti Baru (Day of New Bread). Hari libur nasional lainnya adalah 15 Maret untuk memperingati revolusi sipil demokratis tanpa pertumpahan darah yang pecah pada tahun 1848. Sejak pergantian rezim pada tahun 1989, tanggal 23 Oktober adalah hari peringatan revolusi tahun 1956, ketika orang Hongaria bangkit melawan pendudukan Soviet.
8. Penemuan oleh orang Hongaria adalah korek api tak bersuara oleh János Irinyi, kubus Rubik oleh Erno Rubik, dan bolam listrik kripton oleh Imre Bródy, motor listrik oleh Anyos Jedlik, trafo modern oleh Otto Blathy dan Miksa Dery, telepon dua arah oleh Tivadar Puskas, vitamin C oleh Albert Szent-Gyorgyi, kamera termografis dan televisi plasma oleh Kalman  Tihanyi, reaksi rantai nuklir oleh Leo Szilard, bolpoint oleh Laszlo Biro, karburator untuk mesin stasioner oleh Donat Banki, bahasa pemprograman BASIC oleh John Kemeny dan Thomas E. Kurtz, dan bom hidrogen oleh Edward Teller.
semestafakta-rubika cubesemestafakta-rypton electric bulbsemestafakta-Edward Tellersemestafakta-John Kemeny.
9. Bilan Baticz meemcahkan rekor Guinness dengan menyelesaikan 4786 kubus Rubika dalam waktu 24 jam.
semestafakta-Milán Baticz
10. Hongaria terkenal dengan ahli matematikanya, termasuk desainer geometri modern, Farkas Bolyai dan anaknya yang ahli dalam desainer geometri non-Ekludian, Janos Bolyai, Paul Erdos, yang merumuskan nomor Erdos dan John von Neumann, yang menjadi kontributor penting dalam mekanika Quantum, teori Game, dan komputer digital.
semestafakta-Farkas Bolyaisemestafakta-Paul Erdőssemestafakta-erdos number
11. Hongaria mempunyai banyak tempat spa. Ada 1.500 spa bergaya Roma, Yunani, dan Turki. Budapest mempunyai banyak spa terkenal, diantaranya adalah Gellert Baths and pemandian panas Széchenyi (Széchenyi Thermal Baths).
semestafakta-Széchenyi Thermal Baths
12. Hongaria mempunyai tradisi panjang musik klasik dengan para komposer terkenal seperti Béla Bartók, Zoltán Kodály dan Franz Liszt.
semestafakta- Zoltán Kodály semestafakta-Béla Bartók semestafakta-Franz Liszt
13. Pada tahun 2007, ada 13 orang Hongaria yang mendapatkan Nobel dalam semua bidang kecuali perdamaian.
14. Tingkat baca tulis orang Hongaria mencapai 99%.
15. Hongaria memenangkan medali emas dalam setiap Olimpiade musim panas kecuali pada Olimpiade Antwep tahun 1920 dan Olimpiade Los Angeles tahun 1984.
16. Tim polo air pria Hungaria dianggap sebagai yang terbaik dalam sejarah olahraga dengan 15 medali Olimpiade (9 emas) dan 10 medali World Championship.
semestafakta-Hungary's men's water polo team
17. Pendidikan dasar ditempuh selama delapan tahun yang terbadi dalam dua tingkat yang masih-masing selama empat tahun. Pendidikan tingkat SMP diberikan di Sekolah Menengah Akademis (gimnázium) atau sekolah menengah kejuruan (szakközépiskola).
18. Pendidikan tingkat SMA mempunyai sistem ganda dengan akademi (college) dan universitas. Beberapa akademi berhubungan dengan universitas dan beroperasi sebagai fakultas di dalam universitas. Sebuah universitas juga bisa menawarkan kursus tingkat akademi. Masa pelatihan di tingkat akademi minimal tiga tahun dan maksimal empat tahun, sedangkan masa kuliah di universitas minimal empat tahun dan maksimal lima tahun (kecuali jurusan kedokteran yang bisa sampai enam tahun).  Főiskolai Oklevél (Gelar tingkat akademi) pasanganya dengan Egyetemi Oklevél (gelar tingkat universitas). Universitas mengadakan kuliah PhD selama tiga tahun, kemudian kuliah pendidikan lanjutan yang lebih spesialis (normalnya selama satu sampai tiga tahun) dan beberapa kuliah pendidikan selanjutnya.
19. University of Pécs adalah universitas tertua di Hongaria, yang berdiri sejak tahun 1367.
semestafakta-University of Pécs
20. Hongaria terkenal dengan pagelaran budaya seperti Festival Sziget atau Festival Musim Semi Budapest. Festival Sziget adalah festival musik dan budaya terbesar di Eropa. Festival ini diadakan setiap bulan Agustus di Budapest utara, Hongaria, di Óbudai-sziget (“Pulau Buda Kuno”), seluas 108 hektar. Festival musim semi Budapest adalah salah satu festival tertua Hongaria dan diadakan tiap tahun pada bulan Maret, dengan menampilkan para artis dan musisi dari seluruh dunia.
semestafakta-Sziget Festival
21. Di Hongaria terdapat cowboy atau tradisi menunggang kuda. Tradisi ini sudah lama berlangsung sejak penduduk pertama Hongaria, yaitu orang Magyar. Mereka menunggang kuda dari Asia Tengah ke tempat yang sekarang bernama Hongaria. Tradisi tersebut banyak ditemukan di Great Plain (Puszta), yaitu daratan luas yang mengingatkan pada American Old West.
22. Makanan khas Hongaria adalah Gulyásleves (gulyás berarti gembala dan leaves adalah sup khas Hongaria), yaitu sup khas Hongaria yang terbuat dari daging sapi, sayur-mayur, paprika dan bumbu-bumbu lain. Sup ini berasal dari makanan yang dimasak oleh penggembala, yang menggembalanya kebanyakan di Great Hungarian Plain (Daratan Hongaria Besar), yang dikenal dengan Alföld atau Puszta dalam istilah Hongaria.
semestafakta-Gulyásleves
23. Di Hongaria juga ada makanan terkenal lainnya, yaitu Goulash rebus dan Dobos torte atau Dobosh. Magyar Kenyer (roti Hungaria) masih banyak ditemukan di desa maupun di kota. Di samping itu masih ada kue dan roti atau lainnya, seperti Langos, Palacsinta, Porkolt, Gesztenyepüré,Halászlé, Kürtőskalács, Dobostorta, Töltött Káposzta, Meggyleves, Retes,  Tokaji Aszú, Paprikás Csirke, Töltött Paprika, Túrós Csusza, Kifli, Pogácsa, Körözött, Madártej, Bejgli, Flodni, Rántott Sajt, Túrógombóc, Túró Rudi, Rakott Krumpli, Somlói Galuska, Kakaós Csiga, Hurka & Kolbász, Lecsó, Szaloncukor, Nokedli, dan Paprika.
semestafakta-Magyar kenyérsemestafakta-Dobos tortesemestafakta-Langossemestafakta-Porkoltsemestafakta-Gesztenyepüré
24. Hongaria adalah salah satu dari negara era komunis pertama yang menentang rezim Soviet selama Perang Dingin, khususnya Revolusi Hongaria tahun 1956. Grand Pix Hongaria tahun 1986 adalah kejuaraan Formula One pertama yang diadakan di belakang Bayang-bayang Besi (Iron Curtain). Pada tahun 1989, Hongaria adalah negara blok Komunis pertama yang membuka perbatasannya dengan Eropa Barat. 25. Pada tahun 1946, Hungaria mengeluarkan uang kertas senilai 1.000.000.000.000.000.000 pengo (satu quintilion pego), dan dianggap sebagai mata uang dengan nilai paling besar yang pernah dikeluarkan.
26. Menurut statistik Uni Eropa, Hongaria menempati tempat tertinggi dalam kematian karena penyakit kanker dan paling banyak pelaku bunuh diri wanita di Eropa.
27. Gomboc adalah bidang matematis yang pertama dirumuskan pada tahun 1996 dan dibuktikan pada tahun 2006 oleh ilmuwan Hongaria, Peter Varkonyi dan Gabor Domoskos.
semestafakta-Peter Varkonyi semestafakta-The Gömböc semestafakta-The Gömböc2
28. Cagar alam nasional pertama di Hongaria adalah Taman Nasional Hartobagy, yang dibuka pada tahun 1973.
semestafakta-Hortobágy National Park
29. Di bawah kepungan Kastil Eger oleh pasukan Turki, orang Hongaria dapat mengalahkan setelah minum anggur merah lokal. Pasukan Turki berusaha mencari tahu apa yang diminum tentara Hongaria di belakang tembok kastil, dan pasukan Hongaria mengatakan bahwa dia minum Darah Banteng, yang telah memberikan kekuatan.
semestafakta-Castle of Eger
30. Perkampungan paling barat di Hongaria adalah Felsőszölnök, sedangkan yang paling timur adalah Garbolc. Jarak antara keduanya adalah 544 km jika ditarik garis lurus.
semestafakta-Felsőszölnök
31. Kereta kabel yang membawa kamu menuju Kastil Buda dari Adam Square adalah telah berusia 140 tahun, dan merupakan yang kedua di Eropa. kereta tersebut mempunyai dua kabin yang dinamakan dengan Margit dan Gellert.
semestafakta-Margit and Gellért
32. Kuda Kincsem (dibaca keen-tshem), yaitu kuda balap Hongaria  telah memenangkan seluruh 54 kali pacuan kuda. Orang hanya mengingatnya sebagai “yang tidak terkalahkan”. Dari namanya mempunyai arti “harta karunku” (my treasure).
semestafakta-treasure'
33. Ada kepercayaan di Hongaria, jika kamu berada di Budapest dan kamu menyentuh pena dari patung Anonymous  yang duduk di taman dekat alun-alun Heroes, maka kamu akan menjadi penulis besar. Meski patung tersebut lebih mirip malaikat maut tetapoi menurut penduduk lokal, patung itu adalah penulis kronik Raja Bela.
semestafakta-statue anonymous
34. Ada banyak gua besar dan menarik di Hongaria. Di sana ada gua spa di Miskolctapolca dan danau gua di Tapolca, tidak jauh dari danau Balaton. Dua gua yang terpanjang adalah gua Palvolgyl di Budapest dan gua Aggtelek di bagian utara Hongaria. Bahkan gua Aggtelek masuk dalam daftar situs UNESCO World Herite.
semestafakta-Aggtelek Cave
35. Ketika ada pernikahan di Hongaria, jangan kaget dan tidak perlu mengingatkan ketika tiba-tiba pengantin perempuan melapas sepatunya di tengah-tengah ruangan. Inilah yang dikenal dengan nama Money Dance (dansa uang), yaitu kesempatan bagi setiap orang/tamu undangan yang ingin berdansa dengannya, tapi dengan syarat setelah memasukkan uang ke dalam sepatunya.
36. Ada banyak perkampungan di Hongaria yang sangat menawan. Kampung Holloko adalah masuk dalam daftar UNESCO World Heritage.
semestafakta-Holloko village semestafakta-Holloko village2 semestafakta-Holloko village3
37. Jika laki-laki dan perempuan berjalan di pinggir jalan, maka laki-laki berjalan di samping kiri wanita, karena dulu tuan-tuan Hongaria meletakkan pedangnya di sebelah kiri pinggang dan wanita berada di sebelah kanan laki-laki adalah agar tidak terkena pedang tersebut.
38. Pakaian model barat, khususnya jeans Amerika, dipakai oleh kalangan muda di kota-kota dan desa. Baju baru sangat mahal dan merek seperti Levi-Strauss hanya bisa dibeli oleh kalangan terbatas. Sepatu olahraga bermerek adalah tanda pengusaha sukses.
39. Di Hongaria terdapat Istana Kerajaan Visegrad yang berada di kota Visegrad di Danube Bend, hanya 40 km sebelah utara Budapest. Istana ini pertama kali dibangun oleh Charles I setelah dia dan istananya pindah ke Visegrad pada tahun 1316, dan seratus tahun kemudian memperluasnya dengan hiasan-hiasan Italia, sehingga menjadikan istana ini sebagai tempat terindah di Eropa. Istana ini ditemukan kembali pada tahun 1930-an.
semestafakta-visegrad palace
40. Hongaria mempunyai anjing yang terkenal, yaitu Puli Hongaria yang masih keturunan dari anjing herder. Anjing ini dibawa oleh orang Magyar sekitar abad ke-11. Anjing ini digunakan untuk menangkap binatang dan menggembalakan ternak, khususnya kambing dan lembu. Anjing Puli kemudian berperan sebagai pembantu polisi dalam pengidentifikasian karena instinknya yang kuat.





semestafakta-Hungarian Pulis

3 comments: