Tuesday, June 21, 2016

20 Keunikan dari Negara Yunani yang Tidak Kita Ketahui

20 Keunikan dari Negara Yunani yang Tidak Kita Ketahui

pada artikel kali ini saya mengganti tema yang sebelumnya membahas budaya negara di dunia saya ganti menjadi keunikan dari negara yunani pada artikel kali ini saya akan mempaparkan 20 fakta dari negara yunani yang belum kita ketahui :

  1. Feta, yang terbuat dari susu kambing, adalah keju nasional Yunani. Sudah aja sejak masa Homer, dan kira-kira konsumsi per kapita keju feta di Yunnai adalah tertinggi di dunia.
  1. Di Yunani, orang lwbih memilih merayakan “hari pemberian nama” dari orang suci yang memberikannya daripada merayakan hari lahirnya sendiri.
  2. Ribuan burung berhenti di tanah basah Yunani dalam migrasinya. Sebanyak 100.000 burung dari Eropa Utara dan Asia menghabiskan musim dinginnya di sana.
  3. Perkataan “taking the bull by its horns” adalah berasal dari mitos Yunani tentang Hercules yang menyelamatkan pulau Kreta dari banteng yang sedang mengamuk dengan menangkap tanduknya.
  4. Kota Rodhes (ibukota pulau Rhodes) adalah lokasi paling populer bagi turis di Yunani. Kota tersebut terkenal karena termasuk salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno: Colossus of Rhodes (dari kata tersebut istilah “colossal” itu berasal). Patung dewa Helios setinggi 98 kaki (303 m) yang hebat ini, dengan kakinya mengangkangi pelabuhan, rusak akibat gempa bumi pada tahun 226 SM.http://davabudaya.blogspot.co.id
  5. Olimpiade pertama adalah pada tahun 776 SM. Pemenang olimpiade pertama adalah tukang masak Yunani bernama Coroebus yang memenangkan lomba lari.
  6. Jumlah budak antara 40% dan 80% dari populasi Yunani kuno. Budak adalah tawanan perang, anak-anak terlantar, atau anak budak.
  7. Perselisihan berlangsung lama antara Inggris dan Yunani berkenaan dengan  masalah marmer Elgin (Yunani lebih suka menyebutnya marmer Parthenon), yang disimpan di British Museum London. Pemerintah Inggris yakin bahwa marmer itu didapat dengan membeli dari Raja Elgin, sedangkan Yunani mengklaim kalau pembelian itu ilegal.
  8. Yunani memiliki keragaman fauna terkaya di Eropa, terdiri dari 116 spesies mamalia, 18 amfibi, 59 reptilia, 240 burung, dan 107 ikan. Sekitar separoh spesies mamalia endemik terancam mati.
  9. Tanda atau cap kebiaraan menjadi bagian warisan alamiah dan budaya Yunani dan sudah tergambar di buku The Odyssey. Kepala cap biara bahkan sudah ada di uang koin tahun 500 SM. Namun sekarang hanya 250 cap biara yang masih ada.
  10. Yunani yang pertama kali menata tempat sampah perkotaan di Eropa sekitar tahun 500 SM.
  11. Selama pendudukan Nazi di Yunani pada Perang Dunia II, banyak orang Yahudi dimasukkan ke kamp konsentrasi di seluruh Eropa. Populasi Yahudi di Yunani menurun tajam dari 78.000 menjadi 13.000 sampai berakhirnya perang.
  12. Di Yunani, orang yang mati selalu dikubur, karena gereja Orthodox Yunani melarang pembakaran mayat. Lima tahun setelah pemakaman, jasad kemudian digali dan tulang-tulang pertama-tama dibasuh dengan anggur dan kemudian dikubur kembali. Hal ini dilakukan untuk mengganti kekurangan tanah di pemakaman Yunani.
  13. Korupsi pemerintah Yunani sekitar $1 milliar pada tahun 2009. Sekarang, hutang nasional Yunani lebih besar dari perekonomian negara tersebut. Tingkat kreditnya, atau kemampuannya membayar hutangnya adalah paling rendah untuk wilayah  euro. EU dan International Monetary Fund (Dana Moneter Internasional) sedang mempertimbangkan paket jaminan keuangan untuk negara yang berhutang berat.
  14. Bahasa Yunani telah digunakan lebih dari 3000 tahun, menjadikan bahasa tersebut sebagai bahasa paling tua di Eropa.
  15. Orang Yunani tidak melambaikan tangan dengan membuka telapak tangan, karena hal itu dianggap menghina. Orang Yunani melambaikan tangan dengan tangan tertutup.
  16. Setelah mengucapkan selamat, Yunani menghirup nafas melalui bibir yang berkerut, seolah-olah meludah. Hal ini dimaksudkan mencegah seseorang menyambut ucapan selamat dari “mata yang jahat”
  17. Tidak ada tempat di Yunani yang melebihi 85 mil (137 km) dari permukaan air. Yunani mempunyai sekitar 9000 mil garis pantai, dan terpanjang ke-10 di dunia.
  18. Yunani pernah merupakan kumpulan batu yang semuanya berada di bawah air. Ketika terjadi pergeseran lempeng tektonik di Eropa, maka menyebabkan gunung-gunung di Yunani bergeser. Lempeng tersebut terus bergerak dan menyebabkan gempa bumi di seluruh Aegean.
  19. Tentara (hoplites) pada masa Yunani kuno memakai baju besi seberat 70 pond (33 kg)
  20. Sejarawan pertama yang diakui sebagai penulis Yunani adalah Herodotus (484-425 SM), seorang penulis pertama buku besar sejarah tentang perang antara Yunani dan Persia. Buku Herodotus adalah simbol penting dalam novel The English Patient. 
  



lihat juga: berita olahraga di dunia http://avaschampion.blogspot.co.id/
                   aneh-anehnya dunia http://avasdunia.blogspot.co.id/
                   koleksi film terbaik http://avasfilm.blogspot.co.id/
                   analisis penjelasan kimia http://avaskimia.blogspot.co.id/
                   koleksi budaya dunia http://avasbudaya.blogspot.co.id/

0 comments:

Post a Comment